Cara Menghindari Orang yang Suka Ghibah, Ubah Pribadi Jadi Lebih Baik!

ringmedia.my.id

0 Comment

Link
cara menghindari orang yang suka ghibah

Cara menghindari orang yang suka ghibah dapat membantu kita menemukan lingkungan positif dan menjadi pribadi lebih baik. Orang-orang yang senang membicarakan orang lain tidak hanya dilarang dalam agama bukan tanpa alasan jelas.

Sehingga hidup ditengah orang-orang senang melakukan ghibah ini menjadi tantangan tersendiri. Jika tidak bisa menahan diri, maka kamu akan ikut terseret dalam lingkungan negatif  tersebut.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menghindari orang yang suka ghibah. Agar bisa terhindar dari sifat yang cenderung negatif ini kamu harus tahu cara menghindari orang-orang tersebut.

Cara Menghindari Orang yang Suka Ghibah

Gosip atau ghibah menjadi aktivitas membicarakan orang lain tanpa diketahui orang yang tengah dibicarakan. Hal-hal yang seringkali jadi bahan pembicaraan juga cenderung negatif serta menjelekan.

Tentunya perbuatan seperti ini sangat buruk sekali, berbagai jenis agama pun melarang kita untuk membicarakan kejelekan orang lain atau merugikan orang lain. Meski terasa sulit lepas dari lingkungan seperti ini, tapi kamu tetap bisa menghindar dengan cara  berikut;

1. Ubah Topik Pembicaraan

Cara menghindari orang yang suka ghibah pertama adalah dengan mengubah topik pembicaraannya. Kamu dapat melakukannya jika orang-orang sudah mulai membicarakan kejelekan orang lain.

Ubahlah dengan topik pembicaran yang lebih positif atau netral saja. Bisa mulai dengan menanyakan hobi apa yang mereka sukai, tentang buku apa yang baru dibaca, atau obrolkan hal tertentu. Mengalihkan pembicaraan bisa membuatmu terhindar dari kegiatan ghibah yang tidak bermanfaat.

2. Tegas dan Tetapkan Batasan

Selain dengan mengubah topik pembicaraan, langkah tepat dapat kamu ambil yakni dengan menetapkan batasan serta mampu bersikap tegas. Buatlah batasan sejelas mungkin pada orang-orang sekitarmu.

Jika ada orang yang mulai membuka pembicaraan mengarah ke ghibah, ungkapkan rasa tidak nyaman. Dengan mengungkapkan bahwa kamu tidak suka membicarakan orang lain, atau ajak mereka membicarakan hal-hal positif saja. Pastikan bersikap tegas menolak kegiatan tersebut.

3. Fokus Pada Diri Sendiri

Cara menghindari orang yang suka ghibah lainnya pastikan kamu untuk lebih fokus pada diri sendiri. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan dirimu sendiri.

Lebih baik fokus saja untuk memperbaiki apa-apa yang kurang dalam diri, atau sibuk meng-upgrade diri. Selain itu, latihlah pikiran agar bisa berfikir lebih positif dan miliki sikap empati yang baik.

4. Jauhi Lingkungan Suka Ghibah

Selain beberapa cara tersebut, selanjutnya kamu bisa coba menjauhi lingkungan yang sering menjadi sumber ghibah.

Misalnya jika teman-teman seringkali membicarakan orang lain saat jam makan siang, kamu bisa memilih tempat lain atau bergabung dengan kelompok yang lebih positif. Lingkungan sehat serta mendukung satu sama lain bisa membantu kamu tetap fokus ke hal yang baik.

5. Refreshing atau Lakukan Hobi

Cara lainnya untuk menghindari kegiatan negatif tersebut yakni dengan refreshing atau melakukan hobi yang menyenangkan. Jika kamu senang bermain bulu tangkis lakukan hal tersebut setelah selesai bekerja atau pada hari libur.

Selain itu, cobalah untuk datang ke galeri seni atau tempat-tempat sejuk ini akan membantu pikiranmu terasa lebih rileks dan tenang. Ajak keluarga atau liburan sendiri juga tidak masalah selama merasa tenang.

Dengan menggunakan sejumlah cara menghindari orang yang suka ghibah ini, tentunya kamu akan menjadi orang yang lebih baik dan positif dari sebelumnya.

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar