Manfaat Lari Pagi, Salah Satunya Bisa Jaga Berat Badan Tetap Ideal!

ringmedia.my.id

0 Comment

Link

Ada banyak sekali manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh manusia. Meski ada banyak sekali jenis olahraga didunia ini, tapi lari paling sering dipilih banyak orang karena anti ribet dan bisa dilakukan kapan saja.

Kamu hanya perlu berlari dalam kecepatan dan jarak tertentu, tubuh bisa langsung merasakan berbagai manfaatnya. Bahkan manfaatnya tersebut dapat kamu peroleh sejak hari pertama memulainya.

Untuk mengetahui apa saja manfaat lari pagi kamu dapat menyimak pembahasannya sampai benar-benar selesai. Dengan mengetahuinya, pasti kamu semakin semangat untul lari pagi setiap harinya.

Berbagai Manfaat Lari Pagi

Pagi hari memiliki udara yang masih sejuk dan menyegarkan seringkali menjadi alasan banyak orang memilih berolahraga pada pagi hari.

Terutama bagi yang senang lari di arena terbuka, seperti di taman dengan pohon rindang, jalan yang belum ramai kendaraan menjadi perpaduan sempurna. Dan selain itu, ternyata ada banyak sekali manfaat lari pagi bisa kamu rasakan setelahnya.

1. Menjaga Stamina

Jika rutin lari pagi setiap harinya kamu bisa merasakan stamina yang terjaga dengan baik dan tetap prima sepanjang hari. Selain itu, dengan berlari pagi juga bisa meningkatkan konsentrasi setelah aktivitas siang hari sehingga dapat bekerja secara efektif dan produktif.

Agar bisa mendapatkan manfaat tersebut secara maksimal, kamu juga bisa menyeimbangkan dengan sarpan pagi hari selepas lari pagi. Kemudian juga beri jeda istirahat di tengah kesibukan kerja.

2. Memperkuat Tulang

Manfaat lari pagi lainnya yakni dapat membantu untuk memperkuat tulang. Berkat paparan sinar matahari pagi, ini akan membantu merangsang vitamin dalam tubuh. Dan vitamin tersebutlah yang membantu untuk penyerapan kalsium penting bagi kekuatan tulang.

Selain olahraga rutin baik untuk tulang, sinar matahari tersebut juga bisa membuat penyerapan kalsium dalam tubuh jadi lebih optimal. Sehingga kekuatan tulang akan tetap terjaga dan menghindarkan dari osteoporosis.

3. Menurunkan Berat Badan

Ternyata tidak perlu diet berlebihan dengan mengkonsumsi obat-obatan diet tertentu, menurunkan berat badan bisa kamu dapatkan dengan berlari pagi. Kegiatan ini bisa mengontrol berat badanmu.

Karena lari bisa membakar kalori serta lemak yang ada pada tubuh, sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang diet. Selama 30 menit berlari bisa membakar 670 kalori tubuh, cukup efektif untuk diet.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat lari pagi selanjutnya yakni dapat mencegah penyakit jantung jika kamu lakukan secara rutin setiap pagi. Ketika berlari detak jantung akan meningkat dengan baik, sehingga dapat melatih kekuatan otot jantung untuk memompa darah agar lebih baik.

Jika fungsi jantung terjaha, serta aliran darah lancar maka resiko terkena penyakit jantung lebih rendah. Selain itu juga menghindarkamu dari penyakit pembuluh darah seperti stroke juga serangan jantung.

5. Tidur Lebih Nyenyak

Bagi kamu yang memiliki masalah sulit tidur atau insomnia bisa coba mengatasinya dengan lari pagi. Rutin berolahraga akan membuatmu lebih cepat mengantuk dan jadi mudah tidur pada malam harinya.

Kamu bisa melakukan lari pagi selama 30 menit setiap pagi 5x dalam 3 minggu secara berturut-turut akan mengalami peningkatan kualitas tidur dari sebelumnya. Jadi untuk terlepas dari masalah insomnia, kamu bisa rutin lari pagi setiap harinya.

Selain sejumlah manfaat lari pagi sudah kita bahas sebelumnya, terdapat manfaat lain seperti meningkatkan fungsi paru-paru, gairah seksual, dan banyak lagi. Kamu tidak perlu ragu untuk lari dan melakukannya setiap pagi.

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar