Tahun-tahun awal kehidupan seseorang memiliki pengaruh yang signifikan. Anak-anak yang mendapat pengasuhan yang optimal di usia dini akan belajar lebih baik di sekolah, memiliki karier yang lebih sukses, memiliki kesehatan yang lebih baik, dan memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita beberapa penyakit dibandingkan dengan anak-anak yang tidak menerima pengasuhan yang optimal di usia dini.
Namun, pendidikan dan pengembangan anak usia dini masih kurang. Pada tahun 2012, Indonesia menempati peringkat ke-44 dari 45 negara Asia dalam Indeks Starting Well, yang menilai sejauh mana pemerintah menyediakan lingkungan PAUD yang berkualitas dan inklusif untuk anak-anak usia tiga hingga enam tahun.
Keluarga sangat penting untuk pertumbuhan anak, terutama di Indonesia, di mana sebagian besar anak tidak pergi ke taman kanak-kanak. Anak-anak yang tidak menerima asuhan yang cukup dari orangtua dan keluarga memasuki jenjang pendidikan dasar ketika mereka berusia tujuh tahun dan tidak siap untuk belajar.
Sekitar 80% perkembangan otak terjadi selama tiga tahun pertama, dan 10% tambahan terjadi selama dua tahun berikutnya. Ini menunjukkan bahwa pengalaman yang mereka alami sebelum masuk ke kelas, baik positif maupun negatif, membentuk sembilan puluh persen perkembangan otak mereka.
Tags:
Tinggalkan komentar