5 Tips Memilih Sepatu Olahraga dengan Tepat Sesuai Kebutuhan

Mengetahui sejumlah tips memilih sepatu olahraga dengan tepat, dapat membantu kamu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa olahraga membutuhkan jenis sepatu yang khusus agar lebih maksimal dan tetap nyaman digunakan selama aktivitas olahraga.

Pada umumnya kita menggunakan sepatu olahraga untuk berolahraga. Tetapi seringkali, sembarangan dalam memilihnya tanpa mempertimbangakan sejumlah hal tertentu sehingga menganggu aktivitas.

Kebanyakan memilih sepatu karena warna, model atau merknya. Padahal dalam memilih sepatu olahraga kamu tidak dapat melakukannya secara sembarangan. Dan setiap sepatu memilih perancangan khusus untuk aktivitas tertentu.

Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Perlu kamu ketahui setiap jenis olahraga mempunyai gerakannya masing-masing. Dan gerakan tersebutlah yang mempengaruhi atau mengharuskan kamu memilih jenis sepatu yang tepat.

Baik dari segi desain, bahan serta berat sepatu perlu mendapatkan perhatian. Maka dari itu penting bagi kamu mengetahui apa saja tips dan contoh sepatu olahraga yang tepat untuk setiap jenis olahraga.

1. Desain yang Fleksibel

Untuk jenis desain yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang seringkali melakukan olahraga lari. Desainnya yang fleksibel sangat cocok dibawa berlari, karena memungkinkan kakimu untuk menekuk ketika melangkah.

Namun sayangnya jenis satu ini kurang tepat jika kamu gunakan untuk olahraga yang memiliki banyak gerakan seperti tenis. Desain fleksibel tersebut juga akan terasa  pas sekali ketika kamu gunakan. Tapi jika tidak pas di kaki, justru bisa membuat kaki jadi melepuh bahkan memar pada kuku kaki.

2. Sol Tebal dan Kaku

Dalam memilih sepatu olahraga yang tepat adalah pilih sol tebal dan kaku, bagi kamu yang seringkali olahraga basket. Dengan menggunakan sepatu desain tersebut, ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan stabilitas ekstra ketika berlari di lapangan.

Baca Juga :   6 Olahraga Atletik dan Sejumlah Cabang yang Sering Dipertandingkan

Selain itu, sepatu basket juga biasanya mempunyai model high-top ini dapat menopang pergelangan kaki selama perubahan arahnya memang cepat. Juga bisa kamu rasakan manfaatnya ketika melompat dan mendarat.

3. Kaku dan Tebal

Ini merupakan jenis sepatu olahraga untuk kamu yang melakukan olahraga tenis dan squash. Dua olahraga ini membutuhkan gerakan ke samping, sehingga membutuhkan desain yang tepat.

Sepatu tersebut bisa memberikan stabilitas tepat untuk gerakan menyamping. Desainnya sangat tepat untuk aktivitas stop-and-go, seringkali mengharuskan kamu berhenti dan juga bergerak mendadak.

4. Bobot yang Ringan

Selanjutnya jenis atau desain yang ringan, ini tepat bagi kamu dan sering menggunakannya untuk jalan kaki atau senam. Selama jalan kaki tentunya membutuhkan bobot ringan juga memberikan perdaman pada tumit serta mata kaki.

Kamu bisa mendapatkannya dengan jenis sol tampak membulat, ini membantumu memindahkan berat badan secara mulus dari arah tumit ke jari kaki. Sepatu jenis ini cukup mudah kamu dapatkan.

5. Cross-training

Untuk jenis sepatu olahraga satu ini tidak hanya cocok untuk dibawa berlari, tapi juga desainnya efektif sekali untuk melakukan berbagai jenis olahraga lainnya. Termasuk tenis hingga olahraga di gym.

Hal ini karena cross-training mempunyai fleksibilitas baik pada bagian depan kaki. Sehingga nyaman untuk berlari, solnya juga mendukung untuk gerakan menyamping, dan memberikan kenyamanan pada kaki dengan baik.

Pastikan kamu memperhatikan sejumlah hal-hal tersebut, sebelum coba membeli sepatu olahraga paling tepat. Sesuaikan dengan kebutuhan atau jenis olahraga sering kamu lakukan, sehingga terasa nyaman ketika digunakan meski dalam waktu cukup lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *